Perkampungan Indo-6
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.


Ruang Ngumpul N Sharing, Yang Pasti Bwt Jalani Idup Lebih Brwarna N Smangat.
 
IndeksPortalGalleryPencarianLatest imagesPendaftaranLogin

 

 ITB Kembangkan Pengendali Komputer Pakai Otak

Go down 
PengirimMessage
OLIEM_AL-AZIEB
Sesepuh
Sesepuh
OLIEM_AL-AZIEB


Jumlah posting : 307
Join date : 12.10.08
Age : 36
Lokasi : medan....APA DI WARNET!!

ITB Kembangkan Pengendali Komputer Pakai Otak Empty
PostSubyek: ITB Kembangkan Pengendali Komputer Pakai Otak   ITB Kembangkan Pengendali Komputer Pakai Otak EmptyWed Nov 19, 2008 3:36 pm

by: Amalia sari(bandung)-oliem(medan)



ITB Kembangkan Pengendali Komputer Pakai Otak STEI-ITB

Bandung - Bukan
mustahil untuk mengoperasikan komputer, manusia cukup menggunakan
pikiran tanpa bantuan tangan. Kenyataannya, otak manusia menghasilkan
gelombang Alpha saat berkonsentrasi, dan bisa diterjemahkan dalam
sinyal digital.

Penelitian
untuk mewujudkan pengoperasian komputer dengan cara menangkap
sinyal-sinyal dari otak, sudah dilakukan tim reaserch Sekolah Teknik
Elektro dan Informatika (STEI) ITB. Tim ini terdiri dari
Mahasiswa-mahasiswa S2 yang tergabung dalam grup riset bernama Digital
Media and Game Center. Awal penelitian mereka lebih fokus untuk
mengembangkan aplikasi-aplikasi yang sebagian besar berupa game edukasi.

Sinyal
gelombang Alpha yang dihasilkan otak dalam bereaksi terhadap suatu
kondisi dibaca oleh Teknologi Brain Computer Interface. Sinyal
gelombang analog ini kemudian dikonversi ke biner untuk mengendalikan
suatu objek di komputer tanpa menggunakan alat apapun.

Simulasi
pembacaan perintah otak ini diuji coba dengan memasangkan suatu alat
pendeteksi gelombang alpha pada kepala. Alat yang menggunakan sumber
arus DC yang terukur, dikoneksikan ke komputer, dimana pengunjung
mencoba untuk menggerakkan suatu balok dari suatu tempat ke tempat
lainnya hanya dengan memikirkannya dalam otak. Dan ternyata objek-objek
tersebut memang bergerak menurut keinginan pengunjung.

"Alat ini
sebenarnya memiliki konsep awal untuk mengendalikan robot hanya melalui
pikiran. Hanya dengan berkonsentrasi terhadap suatu objek dan perintah
yang ingin kita berikan maka robot akan bereaksi sesuai dengan
keinginan kita. Selain itu, alat ini juga dapat mendeteksi tingkat
stress seseorang," ujar anggota tim reasearch Digital Media and Game
Centre Hendra di stand STEI ITB dalam pameran Bandung Comtech di
BeMall, Minggu (16/11/2008).

Beberapa aplikasi yang disuguhkan
dalam pameran pertama tim ARAD, Magic Book and Volcanopedia, AR Flood,
Flight Simulator, Tank Simulator dan games Sultan Agung. Beberapa
aplikasi tersebut menerapkan konsep augmented reality, real time
simulator, dan brain computer interface.

ARAD, Volcano dan AR
FLood adalah aplikasi yang menerapkan konsep augmented reality.
Aplikasi-aplikasi tersebut menampilkan sebuah dunia virtual dengan
menggunakan kode-kode yang disebut marker. Marker ini dapat ditempatkan
pada meja yang didesain khusus untuk AR maupun pada sebuah buku. Dengan
memanfaatkan web cam, gambar-gambar 3D akan muncul dari permukaan meja
ataupun buku yang memiliki marker di atasnya.

ARAD didesain
khusus untuk para arsitektur dan pengembang real estate untuk mendesain
blueprint yang dinamis dan fleksibel. Volcano adalah aplikasi yang
dapat menampilkan gambar 3D dari gunung-gunung berapi di Indonesia
beserta jenis letusan yang dimiliki. Aplikasi ini sangat menarik karena
dari tampilan peta wilayah Indonesia pada magic book, akan muncul
topografi dari masing-masing gunung ketika web cam diarahkan pada
permukaan buku.

Sedangkan AR Flood memiliki kelebihan dalam hal
menanggulangi kemungkinan banjir dengan pembangunan tanggul virtual
pada daerah tertentu dalam peta. Setelah pambangunan tanggul selesai,
simulasi banjir dilakukan kemudian akan ada analisa berapa kerusakan
rumah yang ditimbulkan maupun korban jiwa dari peristiwa banjir
tersebut.

Konsep real time simulator diterapkan pada tank
simulator dan flight simulator dimana pengunjung dapat mencoba
mengoperasikan suatu pesawat maupun tank. Kemudian akan ada penilaian
terhadap keahlian mengemudi dari masing-masing pengunjung, apakah
mereka lulus atau tidak dalam mengoperasikan suatu kendaraan.




*)Penulis
merupakan mahasiswa Institut Teknologi Telkom Jurusan Informatika
Semester 7dan mahasiswa teknik industri harapan medan. Tulisan ini dibuat dalam kegiatan Sehari Menjadi Wartawan
Detikcom di BeMall, 12-16 November 2008.(lom/lom)
lol!
Kembali Ke Atas Go down
 
ITB Kembangkan Pengendali Komputer Pakai Otak
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Perkampungan Indo-6 :: —(•·÷»Area Entertainment«÷·•)— :: Media Cetak Area-
Navigasi: